Pages

Labels

Minggu, 12 Februari 2017

Solusi PCI Simple Communications Controller Driver

Didalam Device Manager muncul sebagai "PCI Simple Communications Controller". Ini benar-benar membuat banyak orang menjadi bingung, tidak tahu hardware apa yang dimaksud, tentu juga tidak akan tahu driver apa yang mesti di instal di komputer.

Saat Windows Vista di-release, problem "PCI Simple Communications Controller" mulai muncul. Kasus ini makin banyak timbul ketika orang mulai menggunakan (upgrade OS) ke Windows7.

Kasusnya adalah, setelah meng instal Win7, berikut semua driver yang diperlukan, ternyata masih ada satu hardware yang menyandang attribut "unknown device", alias tidak dikenal. Dengan kata lain driver "hardware" tsb. belum ter instal.

Bagi yang cerdik, akan langsung mencari driver di vendor computer/mainboard nya. Tetapi, kebanyakan akan kecewa karena tidak bisa menemukan driver dimaksud.
Kalaupun kita dibawa masuk ke suatu halaman, maka tidak akan ada kalimat yang berbunyi "Driver for PCI Simple Comunications Controller" ! ... lho koq ??

Note : Langkah dalam artikel ini juga bisa diterapkan dalam kasus Unknown Devices maupun Yellow_mark (tanda kuning) pada Device Manager.

Arti PCI Simple Communications Controller

PCI Simple Communications Controller adalah merupakan bagian dari Intel AMT (Active Management Technology) Management Engine Interface, ini berhubungan dengan hal jaringan (networking)
 
Beberapa mainboard ada menyebut tentang hal ini didalam BIOS-nya, sebagai Intel Advanced Management Technology (Intel_AMT).

Jadi, PCI Simple Communications Controller memang bukan "nama" suatu hardware apalagi sebagai nama-driver. Ini lebih tepat kalau saya sebut sebagai nama-kelompok hardware (biar mudah dimengerti).
Artinya, ada banyak jenis hardware yang masuk dalam kelompok (atau "marga") PCI Simple Communications Controller ini.

Biasanya yang masuk dalam kelompok ini adalah hardware komputer seperti Modem (analog), gigabit-ethernet, pci-card modem, microsoft-bus audio, hsf-modem, webcam dll.

Jadi untuk mengetahui driver apa yang seharusnya di-instal ketika kasus "PCI Simple Communications Controller" muncul, tentu kita perlu lebih dulu mengetahui (nama) hardware apa (yang masuk kelompok ini) yang terpasang pada computer kita, dan belum ter-instal drivernya.

Cara Mengetahui Nama Driver Suatu Hardware

Untuk hal tersebut, cara yang biasa saya tempuh adalah sbb :

  • Masuk ke Device Manager -> klik-kanan PCI Simple Communications Controller -> Properties -> Details.
  • Muncul suatu code yang kira-kira seperti ini : PCI/VEN_8086&DEV_27D8&SUBSYS...... Arti dari code ini adalah : type hardware: PCI, VENdor: 8086, DEVice: 27D8, SUBSYStem ..... 
  • Setelah mendapatkan dua code diatas (VEN dan DEV), masuk ke site PCIDataBase - http://www.pcidatabase.com/, lalu masukkan kedua code tsb. - lihat gambar_1. Kemudian klik tombol [Search] yang kedua (DEV).
  • Muncul nama dari hardware yang sedang kita cari, - lihat gambar_2.
  • Catat "Chip-Description" yang sesuai dengan code yang telah dimasukkan, untuk "bekal" mencari drivernya. 
note: (driver) chip-description alternatif (kalau ada) kadang juga bisa digunakan.

  • Berikutnya, dengan "berbekal" nama-hardware tadi, kita bisa mencari/download (di-internet), dan kemudian meng-instal driver yang sesuai.


Apabila semua berjalan lancar, maka si- PCI Simple Communications Controler akan hilang, diganti nama hardware yang sebenarnya.

Sekedar sharing, saya pernah mengalami sangat kesulitan dalam download hardware seperti ini, lebih dari 5 kali mencoba baru bisa berhasil, jadi anda harus bersiap untuk hal ini.

Mengapa bisa demikian, sebab sesungguhnya PCI Simple Communications Controller ini adalah barang lama, sehingga agak jarang tersedia di situs internet, jadi harus sabar dalam browsing.

Apabila sudah mengetahui nama hardware-nya, cobalah dulu untuk langsung menuju ke vendor (official site) komputer anda, kalau beruntung, maka driver tsb. tentu belum dihapus dari database.
gambar_1
 pci simple communication controller
gambar_2
 pci simple communication controller
 Sumber:
 http://mastokkenari.page4.me/pci-simple-communica.html

0 komentar:

Posting Komentar